Friday, July 16, 2010

A Picture Says Thousand Words


Beberapa hari lalu baru saja saya membaca sebuah tulisan di dalam salah satu blog kesukaan saya. Ada beberapa kalimat dalam tulisan itu, dimana penulisnya mengatakan bahwa setiap memilih gambar untuk di masukan ke dalam tulisannya ia bisa menghabiskan waktu berjam-jam demi menemukan gambar yang tepat dengan sang cerita.

Aku juga begitu! Aku bahkan tertawa sendiri saat membaca artikel tersebut, karena aku merasa ternyata ada juga ya yang sama denganku. Sebagian besar tulisanku selalu aku sertakan dengan gambar, tapi rata-rata tidak untuk puisi. Gambar biasanya aku sertakan hanya untuk cerita saja.

Untuk puisi, biasanya saya membiarkan tanpa gambar. Karena saya ingin siapa pun yang membaca bisa menginterpretasikan sendiri maksudnya. Puisi tidak perlu dipaksa arah kisahnya seperti sebuah cerita, menurut saya. Biarkan para pembaca mencari maknanya sendiri.

Saya juga orang yang setipe dengan penulis blog di atas. Saya bisa berjam-jam tidak menemukan gambar yang saya kira cocok untuk tulisan saya. Biasanya kalau sudah merasa depresi terpaksa saya mem-publish tulisan dulu baru nanti gambarnya menyusul kalau sudah ketemu. Atau saya menyimpan tulisan dalam draft dulu sambil menunggu gambarnya.

Sebuah gambar mampu memberi banyak arti. Saya kadang sering kagum melihat gambar-gambar di beberapa website yang sering saya gunakan untuk pencarian gambar. Kalian bisa berimajinasi bebas terhadapnya. Lihat saja dua website yang saya cantumkan di dalam blog saya ini. Website yang menarik untuk pencarian gambar.

No comments:

Post a Comment