Tuesday, June 28, 2011

Untuk Yang Bertanya

Kerap kali setelah saya memposting tulisan dalam blog ini, ada yang bertanya, ada yang menerka; lo kenapa? ada cerita baru apa lagi? itu tulisan untuk siapa? atau tentang siapa lagi tuh? Pertanyaan-pertanyaan kiriman yang ingin tahu apa yang terjadi dengan saya. Hei, teman-teman, saya cuma mau bilang lho, apa yang tertulis di dalam blog ini memang kebanyakan cerita-cerita yang memeristiwa terhadap saya, tapi tidak juga melulu betul-betul kisah saya pribadi.

Alasan utama saya membuat label pada tulisan-tulisan di dalam blog ini adalah untuk mengklasifikasikan cerita-cerita yang saya tulis. Membedakannya sesuai dengan isi ceritanya. Lalu kalian mau bilang, lha itu nama labelnya bikin ga ngerti maksudnya apa? Saya akan jawab, "emang iya, sengaja!" Hehehe... Saya kan senangnya main rahasia-rahasiaan.

Begini saja deh ya, saya kasih bocoran sedikit. Kalau kalian mau tau yang mana kisah yang betul-betul terjadi dengan saya lihat saja label Kisah Ujung Pelangi dan Rinai Pribadi. Yang membedakan cerita-cerita pada label itu hanya cara penulisannya. Kalau dalam Kisah Ujung Pelangi saya menulis dengan gaya yang simple dan apa adanya, menggunakan bahasa sehari-hari yang tidak melulu ditulis secara formal. Sementara dalam Rinai Pribadi saya menulis dengan gaya yang puitis, tesirat maksudnya kebanyakan, tapi cerita berlabel itu betul-betul terjadi terhadap diri saya sendiri. Ceritanya tidak ditambah-tambahi supaya terdengar seru, tidak dibelok-belokkan supaya gak ketahuan sepenuhnya oleh pembaca, pokoknya cerita jujur sejujur-jujurnya.

Nah, bagaimana dengan cerita dalam label yang lain??? Itu tetap rahasia saya. Banyak cerita yang terjadi dengan saya, tapi lebih sering saya modifikasi dengan imajinasi dan khayalan yang seringnya datang mendadak saat saya menuliskannya. Bisa juga cerita tersebut milik teman-teman saya, tapi saya menceritakannya di sini, seolah sayalah si "Aku."


Untuk Puisi, jelas kalian temukan dalam Puisi Hujan. Tapi namanya juga puisi, maka saya bebaskan kalian untuk berinterpretasi terhadapnya.

Sekian jawaban dan bocoran saya untuk yang senang tanya-tanya. :D



No comments:

Post a Comment