Tuesday, June 7, 2011

Maling!!!

Judul tulisan saya memang meniru judul tulisannya Mba Enno (blogger favorite saya, seorang wartawan) dalam blognya. Saya sudah tidak bisa menemukan judul lain yang pantas untuk cerita saya kali ini. Beberapa hari lalu, saya lihat Mba Enno memposting tulisan mengenai tips menulis di dalam blognya. Saking tertariknya dengan tulisan itu saya bahkan sampai memforward link tersebut kepada beberapa orang teman melalui email. Di akhir tulisan Mba Enno yang berjudul Menulis Itu Gampang saya baru mengetahui ternyata tips menulis itu dia berikan dikarenakan ada oknum yang dianggap sering mengutip atau menjiplak tulisannya. Dalam tulisan itu saya kira Mba Enno masih berbaik hati menegur secara tidak langsung dengan tulisan, bahkan memberikan tips-tipsnya yang sangat bermanfaat saya rasa. Ini kutipan dari akhir tulisan Mba Enno;

"Buat kamu yang di sana itu, sayang sekali kalau kamu menghancurkan potensimu  dengan menjiplak karya orang lain. Jadi diri sendiri lebih keren. Percaya deh..."


Keesokan harinya (kalau tidak salah) saya menemukan tulisan terbaru di blognya Mba Widya dan Mba Gita mengenai cerita yang serupa. Mereka berdua --yang saya tahu mengenal Mba Enno secara nyata-- juga menulis cerita mengenai "maling", "plagiator", atau "tukang contek." Mba Widya dan Mba Gita (keduanya saya tahu berawal hanya melalui blognya, yang ternyata eh ternyata lama kelamaan saya tahu bahwa mereka juga merupakan alumni FIB UI, namun jurusan Sastra Indonesia 2001) juga merasakan hal yang sama dengan Mba Enno, karena itu mereka menulis tulisan serupa. Tulisan dalam blog mereka dicuri, dicontek, di copas, dijiplak mentah-mentah oleh sejumlah oknum. Wajar saja mereka jadi kesal. Hari ini saya membaca tulisan mereka bertiga di blognya, makin seru deh! Mereka terang-terangan memberikan gambar dan link-link bahkan nama-nama orang yang menjiplak hasil karya mereka. Mba Enno bahkan tidak lagi menegur baik-baik si pencontek dalam tulisan yang berikutnya (Mba Enno ini memang kalau sedang emosi tulisannya terasa menohok sampai ke ulu hati, hehehe!).

Saya kemudian iseng. Saya pikir, kira-kira ada gak sih orang yang juga mencontek, menjiplak atau mencuri karya yang saya buat? Saya kemudian meng-copy paste kata-kata yang saya tulis sebagai deskripsi diri saya pada bagian profile blog di mesin pencari Google. Entri-entri yang muncul pada halaman pertama hasil pencarian Google semuanya berasal dari blog saya sendiri. Namun begitu saya lanjut ke halaman kedua, mata saya melihat sebuah entri di bagian hampir paling bawah, bukan berasal dari blog saya, tapi kata-katanya yang muncul persis sekali.

Saya klik entri tersebut. http://h5hdesilentio.blogspot.com/. Saya mencoba mencari pada bagian mana dalam blog tersebut tulisan yang mirip persis dengan kepunyaan saya itu ditulis. Haaa... gotcha!!! Damn! Ternyata tulisan saya juga dicuri. Pada bagian "about me" blog yang berjudul ONLINE EARNING itu ternyata sang pemilik blog meng-copy paste mentah-mentah tulisan saya untuk profilenya. Lihat yang dia tulis dalam profilenya;


jika kau lihat semburat merah di ufuk timur, pada pagi yang masih lelap, ketika embun-embun membias nyawa, itulah aku dan ketika awan mendung, aku akan berlari keluar, bertelanjang kaki dan menari bersama rinai hujan. Dalam basah akan kutemukan inspirasi, maka pada kata-kata ini kukristalkan dingin kisahnya.


Deskripsi yang dia tulis untuk profile blognya adalah murni tulisan saya. Namun dia menggabungkan antara deskripsi diri saya dan deskripsi untuk blog saya menjadi satu kesatuan dan dimuat begitu saja pada blognya. Ih, pengen gua jitak nih orang rasanya!!! Saya duga pemilik blog itu bernama Halimah. Data diri dalam blognya tertulis h5h. H = ha, 5 = lima, h = h. Well, Halimah... saya tidak tahu alasan pasti kenapa kamu mencuri tulisan saya dan mengkopi mentah-mentah pada blog kamu. Mungkin gak pede sama tulisan kamu sendiri? Merasa tulisan kamu tidak sekeren punya orang lain? Saran saya, kalau memang tidak punya ide mendingan tidak menulis sama sekali daripada mencuri karya orang lain.

   ini dia profile blog yang mencuri tulisan saya!


Buat siapa pun yang menulis di luar sana, silahkan saja menulis dan terinspirasi oleh berbagai hal. Tapi saya kira menjiplak, mencuri, mencontek mentah-mentah, tanpa izin atau tanpa mencantumkan link dari sumber aslinya, saya kira tidak jauh bedanya kalian seperti (kurang lebih mengutip ucapan Ari, kawannya Mba Enno) penulis yang cetek otaknya sehingga senang cari jalan pintas.





9 comments:

  1. mmh.. sabar yaa... ketika saya Intip dashboard, ada entry "Maling" dari Enno, agak kaget juga setelah baca.. ternyata banyak yg mengalami isi blognya dicopas abis..

    ReplyDelete
  2. hai meida, iya nyebelin banget ya sama orang2 yang seneng banget aku2 ini. trus pas udah ketauan mending kalo malu, malah dianya yang marah-marah. aneh. *sigh*
    btw, kayanya aku tau kamu deh, kamu kan satu genk sama geng rempong Anda, Iboy, Dain, dan Dabu? hehehe. :p

    ReplyDelete
  3. hai Mba Gita, iya, aku temen-temennya mereka. Aku baru tau dari Friska malah kalau kamu adiknya Gema ya? Seniorku itu... dunia sempit ya, padahal aku tau kamunya dari blog lho, hehe...

    iya, sebel banget nget nget... sore ini aku baru nemuin satu maling lagi malah, lebih kacaauu deh!! :(

    ReplyDelete
  4. hai Mba Vita, iyaa... terima kasih telah mampir. :)

    ReplyDelete
  5. maaf mentari, saya kira kata2 u terlalu berlebihan. saya minta maaf karena mang itu salah saya,blog itu hanya blog percobaan hingga saya juga baru ngecek lagi hari ini, waktu itu saya masih beljr2 ngeblog, jdi blum tahu bgaimana ngelink, bagaimana etika di dunia maya,bgaimana menghargai pemikirn org,lgian deskripsi itu sudah diganti. jadi maaf sekali lagi

    ReplyDelete
  6. oya maaf bisa di hapus postingan ni nya?saya kan dh menghapus blog saya itu.

    ReplyDelete
  7. @Halimah: Kata-kata saya terlalu berlebihan ya? Hmm, bukannya tindakan kamu yang berlebihan?! Apa pun namanya, mau masih belajar atau memang hanya blog percobaan, buat saya mencuri tulisan orang lain tetap saja hal bukan hal yang benar.

    Tulisan yang saya buat tidak perlu saya hapus, ini blog saya jadi suka-suka saya mau menulis apa. Kalau kamu merasa sudah menghapus tulisan saya di blog kamu, memang seharusnya begitu kan? Karena tulisan itu memang bukan milik kamu. Terima kasih.

    ReplyDelete
  8. hehehe... aku dolaaaan!!! :))
    emang bener ya, klo udah pd dipublish screenshot dan link aktif akunnya baru deh pada mendadak sadar hahaha...

    btw, sebaiknya klo dia udah minta maaf, turunin aja pict fotonya, da..
    yg penting dia dah kapok kan?

    pict si astalarista itu jg udah kuhapus krn dia dah minta maaf..

    sekedar saran sih, toh blognya kamyu :)

    cheers!

    ReplyDelete
  9. Hai Mba Enno, wah senangnya dikunjungi. Iya, yang satu udah sadar, yang satunya tuh ga sadar2, hehe..

    hmm, oke deh sarannya, mungkin aku remove aja fotonya ya.

    Thanks Mba Enno sudah mampir di sini. :)

    ReplyDelete

LinkWithin

Related Posts with Thumbnails