Wednesday, June 8, 2011

Beware! Thief is Everywhere

Sintiiiiinggg.....!!!! Saya mendadak emosi jiwa. Siang ini saya masih iseng-iseng mencari-cari pencuri yang bergelut di dunia maya (blog), setelah menemukan seorang pencuri tulisan saya kemarin sore. Tadi pagi saya beberapa kali meng-copas sajak milik saya di mesin pencari Google, tapi tidak keluar entri-entri "aneh." Lalu siang ini tiba-tiba saya terpikir untuk meng-copas salah satu puisi saya di mesin pencari Google, dan taraaaa......

Pencuri ternyata ada dimana-mana. Saya, yang tadi pagi sudah cerita lewat BBM ke teman saya, Adis, tentang pencuri tulisan itu. Siang ini saya jadi mencurahkan amukkan saya ke dia lagi. Dia ikutan kasih komentar untuk tulisan-tulisan saya yang di-copas oleh orang tersebut. Sayangnya komentar yang dikirim harus dapat approval dulu tampaknya dari pemilik blog, jadi saya rasa kemungkinan besar dia akan menghapus komentar Adis.


Okee, begini awalnya.... Saya iseng mengkopi puisi saya yang berjudul "Di Kotamu Semoga Kau Ingat Aku," tidak perlu sampai membuka halaman kedua dari hasil pencarian mesin Google, sudah muncul sebuah entri yang bukan milik saya lagi. Alamatnya: http://fallonakbar.blogspot.com. Ini sih betul-betul bikin saya emosi ke ubun-ubun. Gila nih orang! Begitu saya lihat tampilan blognya, banyak banget tulisan saya yang di-copas di sana, kemudian dengan pede-nya ditulis By: Fallon. Helloooo.... Maling kok percaya diri banget ya?!

Ini tampilan profile pemilik blognya, lihat deh foto perempuan di jendela yang persis sama dengan gambar di blog saya

banyak sekali judul tulisan saya yang di-copas olehnya


Nama Facebook pemilik blog ini adalah Fallon Chozza Angga. Tampilan foto di dalam blognya --bagian my profile-- bahkan persis sama dengan gambar yang saya pakai pada blog saya, padahal maling yang satu ini berjenis kelamin laki-laki, kok pasang foto perempuan. Memang, dia menuliskan dalam salah satu gadget blognya yang diberi nama "inspirasiku," seperti ini :

ketika awan mendung, aku akan berlari keluar, bertelanjang kaki dan menari bersama rinai hujan. Dalam basah akan kutemukan inspirasi, maka pada kata-kata ini kukristalkan dingin kisahnya.
-perempuan hujan, kau inspirasiku-


Duh, mas, om, dik atau siapa lah situ pokoknya meskipun kamu menulis "perempuan hujan, kau inspirasiku," saya kok tetap gak senang ya kalau katanya saya sebagai inspirasi kamu tetapi begitu banyak tulisan-tulisan saya yang kamu klaim sebagai milikmu. Setiap tulisan yang kamu curi lalu kamu tuliskan "By Fallon," itu artinya kamu mengakui tulisan orang lain sebagai milikmu. Kalau memang terinspirasi buat saya tidak sama artinya dengan menjiplak mati-matian tulisan orang lain. Tulisan saya yang menginspirasi kamu harusnya bisa melahirkan tulisan lain, yang berciri kamu sendiri. 

Bukan hanya itu, beberapa label pun kamu tulis persis seperti milik saya, ada 'Genangan Mimpi' dan 'Rinai Hujan' yang pada milik saya bernama 'Rina Pribadi'. Tulisan-tulisan yang ada pada label tersebut semuanya milik saya, bahkan ada beberapa tulisan yang diubah judulnya. Keterlaluan!!! Label-label yang saya buat untuk blog saya semuanya memiliki arti dan alasannya masing-masing. Setiap tulisan bagi saya memiliki klasifikasinya sendiri-sendiri, sebab itu saya membuatkan label untuk setiap tulisan yang saya buat .Tapi kamu membuat label dengan nama yang sama dan hampir serupa, berisi tulisan-tulisan saya, tanpa mungkin mengerti arti dari tulisan itu sama sekali.



Pada profilenya tertulis begini, "ingin menjadi seorang penulis walaupun itu hanya sebuah khayalan."Saya rasa lebih baik memang kamu ngayal aja deh jadi penulis, dari pada jadi pencuri. Hidup gak jadi penulis juga gak dosa kok, gak memalukan, daripada sudah gak bisa jadi penulis malah jadi pencuri. Buat saya malu lahir batin.

Saya memberi komentar pada sebuah tulisannya. Eh, tulisan saya maksudnya, yang cuma kebetulan dikopi gitu deh. Saya tuliskan: bagus-bagus ya tulisannya, mirip sekali dengan punya saya. hmm, saya kira berkarya dengan kemampuan ide sendiri akan lebih baik dibandingkan cuma mencuri milik orang lain. semoga tetap kamu tetap berkarya tanpa hasil curian.

Blog yang satu ini masih update sekali jika dibandingkan dengan si maling yang kemarin sore saya temukan. Si maling dari Sukabumi itu blognya sudah lama tidak aktif, last posting-nya tertanggal 23 September 2010, namun yang satu ini last posting-nya tertanggal 1 Juni 2011. Saya harap dia membaca komentar yang saya kirimkan di blognya, biar dia sadar. Tulisan-tulisan terbaru milik saya bahkan sudah ada di dalam blognya pula. Bastard!





contoh-contoh tulisan saya yang dicuri

2 comments:

  1. wiiih! eneg banget ya rasanya...
    aku aja klo org yg nyolong itu ada di depan mata pengen nyakar rasanya...

    pdhl biasanya aku bkn org yg suka main tangan hahaha...

    fyuh! ga ngerti ya mesti gmn...
    aku mau pensiun aja kalian malah nangis2..

    *ha? nangis? ga salah lu? lebay lu, No!*

    hihihi...
    kita sama2 sabar aja yuk :)

    ReplyDelete
  2. iyaaa, Mbak Enno... aku sih pengen aku jitakin sampe gundul deh, hahaha!

    belum ada tanggepan apa2 dari si fallon ini, komentar2 yang aku kirimin di blognya itu malah dihapus2in. iiih, ga tau diri deh yaa.

    Mba Enno jangan pensiun doooonnggg, ntar aku sepi bacaan deh kalo buka blog. bisa nangis bombay, hahaha...

    iya, kita sabar aja yuuk. orang sabar disayang pacar lho. eh? tuhan maksudnya, hihihi... :p

    ReplyDelete

LinkWithin

Related Posts with Thumbnails