Wednesday, April 27, 2011

Buku-Buku Kuartal Pertama

Mengutip dari salah satu cerita dalam Hanya Salju dan Pisau Batu, "membaca dan menulis adalah segala-galanya bagiku. Tanpa kedua hal tersebut, barangkali aku mati." Kegemaran saya membaca buku berpengaruh besar pada hobby menulis saya. Kedua hal tersebut jelas tak terpisahkan. Sulit rasanya menulis ketika sedang malas membaca.

Masuk awal tahun ini saya semacam membuat perjanjian dengan diri saya sendiri. Saya harus lebih sering membaca buku. Mengingat pada tahun 2010 rasanya jumlah buku yang saya baca sedikit sekali. Jadi sejak Januari lalu saya berkomitmen: (at least) Satu Buku Satu Bulan.

Ini sudah hampir akhir April, hampir selesai kuartal pertama dari tahun ini. Alhamdulillah, target satu buku satu bulan saya selalu terlewati. Means, setiap akhir bulan saya berhasil membaca lebih dari satu buku. Saya tidak punya ketentuan khusus tentang buku-buku apa saja yang harus saya baca. Awal tahun ini saya hanya sadar bahwa di rak buku saya masih tersusun beberapa buku yang sudah saya beli tapi belum pernah dibaca sama sekali. Jadi alasan itu pula yang menjadi pemicu utama saya membuat komitmen tadi. Rasanya seperti ada hutang yang harus segera dilunasi.

So, let's check it out, buku-buku apa saja yang sudah saya baca dalam empat bulan pertama dalam tahun 2011 ini. Susunannya saya buat seurut mungkin (lupa soalnya, hehe...).


Angin Timur Angin Barat dari Pearl S. Buck - Kisah cinta yang menyatukan dua manusia dari latar belakang budaya yang berbeda. Buku ini mengisahkan tokoh Kwei Lan, wanita yang dididik menurut adat-istiadat Cina kuno. Ia merasa begitu sulit menyesuaikan diri dengan suaminya yang modern dan berpendidikan Barat. Perbedaan yang begitu kuat ini menimbulkan masalah di dalam keluarga besar kedua belah pihak.


Sup Gibran dari Sapardi Djoko Damono - Kumpulan cerita pendek yang sebagian pernah terbit dalam Pengarang Telah Mati dan Membunuh Orang Gila, sebagian cerita belum pernah dibukukan.


Girl With A Pearl Earrings dari Tracy Chevalier - Berkisah tentang kehidupan seorang gadis muda yang jatuh cinta kepada majikannya yang seorang pelukis. Cerita yang berlatar belakang di Belanda abad pertengahan ini mengangkat kisah fiksi dari kehidupan pelukis Johannes Vermeer.


1 Perempuan 14 Laki-laki dari Djenar Maesa Ayu - Kumpulan cerita terbaru Djenar, berisi 14 cerpen yang ditulis duet oleh Djenar dan seorang laki-laki yang berbeda untuk setiap cerpen.


Kolam dari Sapardi Djoko Damono - Buku kumpulan puisi tebaru dari SDD.



Baby Proposal dari Dahlian & Gilda - Buku ini dikirimkan oleh Gagas Media sebagai hadiah kepada saya, karena salah satu puisi saya diterbitkan dalam website mereka. Cerita pop - mengenai kisah cinta romantis dan mengharukan tentang Karine dan Daniel. Pesan yang bisa diambil dari novel ini adalah bahwa perasaan cinta itu memang tak perlu suatu alasan ataupun beribu-ribu alasan bahwa kita mencintai seseorang. Memberi pelajaran pula bagi para pria bagaimana cara menghargai dan mencintai seorang wanita dengan tulus tanpa mengharapkan suatu imbalan apapun.


Asep Sambodja Menulis: Tentang Sastra Indonesia dan Pengarang Lekra - Sekumpulan esai yang pernah ditulis Alm. Asep Sambodja dan di publish dalam Facebook-nya. Belum tuntas saya baca, tinggal sedikiiiiittt lagi. :p



Bulan Celurit Api dari Benny Arnas - 13 cerita pendek dengan sentuhan lokal. Begitu kental adat budaya dari Lubuk Linggau, tanah kelahiran sang penulis, menjadikan cerita-cerita yang penuh dengan diksi lokal ini begitu unik dan nikmat.



Querida dari Novri Susan - Kumpulan puisi-puisi cinta yang begitu romantis ditulis oleh Novri Susan, seorang sosiolog dan pengajar di Universitas Airlangga, Surabaya.


The Little Prince dari Antoine de Saint Exupery - Buku cerita anak yang ditulis seorang pengarang Perancis. Walau buku ini terkenal sebagai bacaan anak namun kandungan nilai di dalamnya lebih banyak ditujukan untuk pembaca dewasa. Pesan-pesan yang sarat dengan makna kehidupan disampaikan melalui sudut pandang anak-anak oleh tokoh Pangeran Kecil.


Dengarlah Nyanyian Angin dari Haruki Murakami - Novel pertama Muraki mengisahkan "Aku" sebagai tokoh utama dengan jalan cerita yang datar nyaris tanpa klimaks. Mungkin sedikit membosankan namun kekuatan Murakami bagi saya dalam novel ini adalah selalu mampu menggambarkan tokoh-tokohnya dengan begitu baik, baik tokoh utama atau tokoh yang cuma sekelebatan. Boleh pembaca merasa  kesal, tidak puas, atau setidaknya, bertanya-tanya mengenai apa maksud dari novel tersebut, mengutip percakapan dalam novel ini, mungkin boleh saya bilang “Lantas apa artinya menulis novel yang isinya sudah diketahui semua orang?”
 

Perempuan Dalam Sajak - Antologi puisi yang ditulis oleh sembilan orang penyair perempuan. Tema dalam pusi ini tidak lain dan tidak bukan ialah mengenai sosok perempuan itu sendiri.


Aku Ini Binatang Jalang - Tidak mampu menemukan puisi-puisi Chairil dalam satu buku? Bacalah yang satu ini. Yang tercecer dalam Deru Campur Debu dan Kerikil Tajam dan Yang Terampas dan Yang Putus, sedangkan sebagian lagi kita jumpai dalam Tiga Menguak Takdir dan Chairil Anwar Pelopor Angkatan 45. Sajak-sajak yang terdapat dalam pelbagai buku itu sekarang disatukan dalam Aku Ini Binatang Jalang. Selain keseluruhan sajak-asli, dalam koleksi ini juga dimuat untuk pertama kalinya surat-surat Chairil - yang menggambarkan "keadaan jiwa"nya - kepada karibnya, H.B. Jassin.

Dan berikut yang masih dalam tahap sedang dibaca (karena belum selesai resensinya ala kadarnya yaa...) :

Kafka on The Shore dari Haruki Murakami - Istilah Odipus Complex membuat pengarang Jepang ini berhasil mengeksplorasinya ke dalam sebuah novel. Kafka on the Shore, menuturkan kisah pengembaraan anak lelaki berusia 15 tahun yang minggat dari rumah. Untuk menghapus jejaknya, bocah tersebut berganti nama menjadi Kafka Tamura.



 ***

Selama empat bulan rasanya cukup banyak buku yang saya baca namun masih harus ditingkatkan sedikit. Karena seringnya rencana pagi untuk membaca buku dalam perjalan ke kantor berubah arah menjadi  asik update Twitter dan Facebook atau chatting dengan beberapa teman, hehehe... 

Dan, tulisan ini saya buat setelah membaca salah satu cerita dari sebuah blog yang saya ikuti. Penulisnya yang bernama Eka menuliskan buku apa saja yang telah dia baca selama empat bulan pertama di tahun 2011 ini.Well, take this as my version. :)

No comments:

Post a Comment