Thursday, March 28, 2013

Rutinitas Bumil

Setelah ikutan kelas HypnoBirthing dengan Ibu Lanny dari HypnoBirthing Indonesia, saya merajinkan diri untuk sering-sering latihan hypnobirthing dan relaksasi, self healing, yoga, atau ngobrol sama adek bayi. Meski gak selalu 2x sehari, tapi seengaknya saya berusaha salah satu kegiatan tersebut selalu saya lakukan setiap hari. Memperkaya diri saya sendiri juga dengan ilmu termasuk salah satu hal yang saya lakukan untuk menghadapi kehamilan pertama ini.

Ngelakuin semua kegiatan tersebut gak susah kok sebenernya, yang penting niat rajinnya yang kuat, hehe... Karena kalau lagi kumat malesnya, saya bisa gak pengen ngapa-ngapain seharian, cuma gegoleran di kasur.

Dan ngelakuin hal-hal tersebut gak butuh "peralatan perang" yang ribet kok.. Nih dia peralatan perang saya untuk memberdayakan diri sebisa mungkin menghadapi kehamilan dan persalinan nanti. *cailaaah...



1. Buku! Yup, buku! Ini salah satu alat perang paling penting buat saya. Banyak baca banyak tahu. Seperti saya sering bilang ke diri sendiri, ibu hamil yang pintar adalah ibu hamil yang banyak membaca. Gak ada tuh alesan karena ini kehamilan pertama, terus sah-sah aja bilang gak tau apa-apa. Korek informasi sedalam mungkin, cari tahu sebanyak mungkin, baca apa pun mengenai kehamilan dan persalinan namun tetap kritis dalam menerima informasi, bisa jadi senjata ampuh untuk menghadapi persalinan nanti. Sejak awal kehamilan saya banyak baca buku, majalah, dan cari informasi dari internet. Jadi meski kehamilan pertama, anak pertama, ilmu yang di dapet boleh dong sama kaya yang udah beranak lima, hehehe...



2. CD Musik untuk relaksasi dan latihan hypnobirthing. Semuanya dapat gratisan. *nyengir* Yang CD Hypnobirthing dan yang judulnya "Morning" dikasih waktu ikutan kelas HypnoBirthing, yang satunya lagi berisi musik-musik yang menenangkan untuk pengantar tidur bayi, dikasih gratis dari Johnson and Johnson waktu belanja di Carefour. Rejeki bumil emang ga kemana, hehe.. Dengan musik-musik dari CD inilah hampir tiap hari saya latihan relaksasi dan HypnoBirthing. Saya juga dikasih pendulum kecil waktu di kelas HypnoBirthing, bisa digunakan juga untuk latihan relaksasi.



3. Bola Pilates / Birthing Ball / Gymnastic Ball.. Yah apa pun lah itu namanya. Bola ini enak bener didudukin kalau perut lagi kenceng. Emang sih untuk beli bola ini harus agak bermodal dikit. Saya beli bola yang ukuran besar ini dengan harga Rp 165,000. Hiks! Bola ini tiap hari saya pakai untuk latihan Pelvic Rocking, sangat ngebantu untuk mengurangi rasa pegel di punggung. Dan latihan duduk sambil panggulnya muter-muter di atas bola tersebut bisa bantu kepala bayi untuk turun ke bawah.  Secara beberapa minggu lalu saat USG ke RSCM kepala si adek bayi ada disamping, jadi dia melintang booook. Nah, setelah sering latihan pakai bola ini, hari Sabtu kemarin waktu ke St. Carolus lagi kepalanya udah di bawah. Yeeeaay... Nah,buat buebu yang punya kasus bayinya sungsang bisa juga pakai bola ini untuk bantu kepala bayinya cepat muter.


4. DVD dan buku latihan yoga untuk ibu hamil. Saya belum ikutan kelas senam hamil, baru rencana daftar untuk minggu depan sih. Nah, so far saya latihan sendiri di rumah pakai DVD dan buku yang dilengkapi gambar dan petunjuk. Di bukunya bidan Yesie "Gentle Birth" ada juga beberapa petunjuk dan gambar untuk yoga ibu hamil.


Nah.. buat buebu yang lagi hamil juga, gak perlu peralatan ribet untuk memberdayakan dan mempersiapkan diri kita saat melahirkan dan saat persalinan, kan? :) 

4 comments:

LinkWithin

Related Posts with Thumbnails